Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan Tubuh

Agustus 07, 2017
Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan Tubuh - Berolahraga adalah kegiatan yang sangat penting bagi tubuh anda. Dengan rutin berolah raga baik itu olah raga ringan, sedang ataupun olahraga berat jika dilakukan dengan baik dan benar akan membuat tubuh menjadi sehat dan terhindar dari berbagai macam serangan penyakit.


Bersepeda merupakan salah satu pilihan olahraga yang bagus untuk anda lakukan. Dengan bersepeda semua otot dan bagian tubuh anda bergerak. Selain menyenangkan bersepeda juga dapat membuat badan anda menjadi lebih segar, sehat dan nyaman setiap harinya. Untuk mendapatkan manfaat pada tubuh, anda harus melakukan kegiatan ini secara rutin minimal setengah jam dan 3 jam dalam seminggu.


Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan Tubuh


Selain tidak memerlukan biaya yang mahal, bersepeda juga tidak memerlukan tempat khusus. Anda dapat bersepeda di waktu senggang anda di sekitar tempat anda tinggal bersama dengan keluarga anda. Anda dapat juga memanfaatkan sepeda sebagai transportasi anda seperti pergi bekerja, berbelanja dan lain sebagainya.


Manfaat bersepeda bagi wanita, manfaat bersepeda di pagi hari, bersepeda untuk diet, manfaat, bersepeda bagi pria, efek samping bersepeda,olahraga bersepeda yang benar, manfaat bersepeda untuk menurunkan berat badan, 3 manfaat bersepeda yang perlu anda ketahui.

Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan Tubuh


Banyak manfaat yang anda dapatkan dengan rutin bersepeda, selain untuk menjaga kesehatan anda, mengurangi polusi udara, bersepeda juga sangat bagus bagi seseorang yang melakukan program diet. Dengan bersepeda kinerja jantung, paru-paru, dan sistem sirkulasi anda akan meningkat dan dapat menurunkan tekanan darah.

Beberapa manfaat bersepeda yaitu:

Mengurangi Polusi Udara

Salah satu keuntungan yang sangat bermanfaat dengan bersepeda adalah mengurangi polusi udara. Dibeberapa negara maju seperti Belanda, Jerman, Spanyol dan Jepang budaya bersepeda sudah sejak lama diterapkan. Pemerintah setempat menyediakan jalur dan parkir khusus bagi pengguna sepeda sehingga menambah kenyamanan pengguna alat transportasi ini.

Selain dilakukan diwaktu luang, bersepeda juga dapat anda lakukan sebagai transportasi yang murah meriah. Anda dapat menggunakan sepeda untuk pergi bekerja, sekolah dan kegiatan-kegiatan lainnya. Selain mengurangi polusi polusi udara bersepeda juga menghemat penggunaan bahan bakar minyak serta mengurangi kepadatan jalan raya yang mengakibatkan kemacetan.


Mengurangi Nyeri Pada Saat Haid

Banyak wanita remaja yang sering merasakan nyeri dan kontraksi otot pada saat haid. Salah satu cara untuk meringankan kondisi nyeri pada saat haid adalah dengan bersepeda. Pada saat anda bersepeda, semua otot pada bagian kaki, pinggang, perut dan punggung dan hal ini dapat menurangi rasa nyeri yang anda alami. Selain itu enderfin yang dihasilkan oleh tubuh ketika bersepeda juga mengurangi rasa sakit dan kram yang anda alami.


Membakar Lemak Dan Kalori (Menurunkan Berat Badan)

Untuk anda terlebih wanita yang sedang menjalankan program diet, anda dapat melakukan kegiatan yang satu ini (bersepeda). Anda tidak perlu menyiksa diri menahan lapar dan mengkonsumsi obat-obatan untuk menurunkan berat badan anda. Dengan bersepeda santai kurang lebih satu jam dapat membakar kelebihan kalori sampai dengan 1000 kalori.


Menjaga Kualitas Tidur

Sebuah study pada University of Georgia mempelajari pria dan wanita berusia 20 sampai 85 tahun selama 35 tahun, dan menemukan bahwa penurunan kebugaran sebesar 2 persen untuk pria dan 4 persen untuk wanita. Penurunan kebugaran tersebut tentu akan sangat mempengaruhi kualitus tidur anda.

Badan yang sehat dan bugar akan membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Tubuh yang bugar hanya dapat anda peroleh dengan rutin berolah raga seperti bersepeda. Selain itu dengan bersepeda dapat mencegah kelebihan berat badan yang merupakan penyebab lain menurunnya kualitas tidur.


Meningkatkan Kekuatan Otot, Sendi Dan Tulang

Seperti yang kita ketahui hampir semua bagian otot tubuh bergerak ketika anda bersepeda. Dengan rutin melakukan hal ini maka kekuatan otot, sendi dan tulang anda akan selalu terjaga. Selain itu bersepeda menurunkan risiko timbulnya berbagai macam pemyakit tulang seperti sakit punggung dan penyakit tulang belakang.


Meningkatkan Kualitas Sex

Selain meningkatkan kekuatan otot, sendi dan tulang bersepeda juga dapat meningkatkan kualitas sex anda. Dengan bersepeda secara aktif dan teratur, meningkatkan kesehatan vaskuler, yang akan mempengaruhi performa seks. Kekuatan otot, nafas yang teratur dan stamina yang anda dapatkan ketika bersepeda akan membuat hubungan intim anda semakin hangat dan lama.


Meningkatkan Imun Tubuh

Beberapa studi menunjukkan bahwa bersepeda secara teratur bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga membuat tubuh lebih kebal terhadap berbagai macam penyakit seperti batuk dan pilek.


Mencegah Demensia Dan Meningkatkan Kekuatan Otak

Demensia merupakan penurunan fungsional otak yang disebabkan oleh kelainan yang terjadi pada otak. Dengan rutin bersepeda dapat meningkatkan kesehatan otak dan mencegah terserang penyakit Demensia. Sebuah studi tahun 2013 menjelaskan, dengan bersepeda aliran darah ke otak akan naik hingga 20% dan 70 persen di area tertentu.

Selain itu, di beberapa daerah pada bagian tubuh aliran darah tetap naik hingga 40 persen bahkan setelah berolahraga. Aliran darah yang meningkat tentu saja akan membuat tubuh menjadi sehat. Sebuah study menyimpulkan untuk menjaga kesehatan otak anda sebaiknya berolah raga rutin 4 kali seminggu dengan waktu 45 menit sampai dengan 1 jam.


Mencegah Penyakit Jantung

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh British Medical Association dengan  bersepeda sepanjang 20 mil dalam seminggu dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung coroner sebanyak 50 persen.


Demikian Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan Tubuh, Semoga Bermanfaat

Artikel Terkait

Previous
Next Post »