Manfaat Dan Efek Samping Alpukat Bagi Kesehatan

Juli 21, 2017
Manfaat Dan Efek Samping Alpukat Bagi Kesehatan - Alpukat atau sering juga disebut sebagai alpukat, alpokat (avocado) memiliki bahasa ilmiah Persea America. Alpukat berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah dan kini banyak sudah dibudidayakan sebagai tanaman perkebunan dan sering juga ditanam pada pekarangan rumah.


Pohon alpukat  memilki tinggi hingga 15 meter dan memiliki bunga yang berwarna kekunig-kuningan. Buah alpukat merupakan buah musiman yang memiliki kulit lembut tidak rata berwarna hijau tua atau hijau kekunig-kuningan hingga ungu kecoklatan. Buah apokat rasanya sangat enak dan manis. Buah ini sering secara langsung ataupun dibuat menjadi berbagai macam hidangan dan jus.


Manfaat Dan Efek Samping Alpukat Bagi Kesehatan


Selain rasanya yang enak alpukat juga mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.
Kandungan Gizi yang terdapat Pada alpukat. Alpukat merupakan salah satu buah yang memilki kandungan gizi yang bernilai tinggi. Beberapa kandungan pada buah alpukat diantaranya:

  • Sejumlah fitokimia seperti sapomin, alkaloid, flavonoid (carotenoid lutein), tannin, asam folat, asam pantotenat, asam oleat (oleic acid), beta sitosteral, lesitin, niasin.
  • Berbagai macam vitamin (B1,B2,B5, C,A,K,E,biotin), mineral (fosfor, zat besi, tembaga, kalium, magnesium, zink, glutathione),
  • Serat.

Manfaat Buah Alpukat


Alpukat memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Dengan rutin memakan buah alpukat sebanyak setengah sampai dengan satu buah itu berarti anda telah memenuhi beberapa gizi dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Beberapa manfaat  buah alpukat diantaranya:


Memenuhi Kebutuhan Folat Pada Tubuh

Didalam Satu buah alpukat mengandung kira-kira 100 mikrogram folat yang dapat memenuhi 20% hingga 30% kebutuhan folat per harinya. Sedangkan untuk wanita hamil dapat memenuhi hingga 15% kebutuhan perharinya.

Manfaat buah alpukat untuk wajah, manfaat alpukat untuk diet, efek samping alpukat, manfaat alpukat untuk bayi, buah alpukat untuk ibu hamil, manfaat jus alpukat, alpukat untuk wajah berjerawat, alpukat kolesterol.

Memenuhi Kebutuhan Kalium Pada Tubuh

Satu buah alpukat memilki kandungan kurang lebih 1000 mg kalium yang dapat memenuhi hingga 20 % kebutuhan kalium perhari dan mengandung 120 mg fosfor yang sangat berguna bagi bagi kesehatan tulang dan gusi.


Memenuhi Kebutuhan Kalium Pada Tubuh

Alpukat juga tinggi akan kalori, sekitar 90 % merupakan lemak dimana 80 % merupakan lemak tidak jenuh yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menurunkan kadar kolesterol dan menstabilkan kadar gula darah.


Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Alpukat kaya akan vitamin B yang dapat membuat daya tahan tubuh meningkat sehingga tidak gampang diserang berbagai macam infeksi dan penyakit.


Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Alpukat mengandung kalium yang sangat tinggi, yang dapat membantu mengrontrol dan menurunkan resiko tekanan darah tinggi.


Anti Jamur
Kandungan lemak tak jenuh pada alpukat juga mengandung zat anti jamur dan anti bakteri. Senyawa didalam buah alpukat dapat dijadikan sebagai obat antijamur baik itu jamur didalam tubuh maupun jamur pada kulit.


Anti Kanker

Alpukat kaya akan fitokimia dan  phytochemical yang dapat membantu membunuh dan mencegah perkembangan sel-sel kanker


Mencegah Penyakit Diabetes

Kandungan lemak yang sangat tinggi pada buah alpukat sangat bagus untuk penderita diabetes militus. Lemak tak jenuh tunggal di dalam alpukat dapat membalikkan resistensi insulin yang akan membantu mengatur kadar gula darah. Alpu juga mengandung serat larut yang menjaga dapat kadar gula darah tetap stabil.


Mencegah Cacat Lahir
Buah alpukat yang kaya akan zat folat yang dikonsumsi oleh ibu hamil dapat mengurangi resiko cacat bayi didalam kandungan.


Menurunkan  Risiko Terkena Serangan Jantung Coroner

Asupan folat yang tinggi pada alpukat juga dapat menurukan resiko serangan jantung dan penyakit jantung.


Menjaga Kesehatan Kulit
Alpokat mengandung senyawa lemak tidak jenuh dan fitonutrien yang dapat melindungi  kulit dan memperlambat proses penuaan, melindungi selaput ledir mukosa, kelenjar keringat, saraf, otot dan sumsum tulang belakang.


Memperbaiki Horman Dan Tingkat Kesuburan Pria Dewasa

Menurut beberapa penelitian senyawa yang terkandung dalam alpukat dapat memperbaiki horman dan tingkat kesuburan pria dewasa.


Selain buahnya yang sangat berguna dan kaya akan vitamin, daun alpukat juga memiliki manfaat yang tidak kalah penting bagi tubuh. Daun alpukat memiliki rasa yang pahit dan kelat dapat dijadikan sebagai obat peluruh air seni, melarutkan batu ginjal dan dapat menurunkan tekanan darah.


Efek Samping


Untuk beberapa penderita penyakit seperti gagal ginjal dan alergi lateks alami tidak dianjurkan mengkonsumsi buah alpukat dikarenakan pada tubuh penderita gagal ginjal terdapat kandungan kalium yang sudah cukup tingggi. Sedangkan bagi penderita alergi terhadap lateks alami biasanya alergi terhadap buah alpukat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Sudarto
AUTHOR
6 Juni 2018 20.40 delete

Hampir semua buah punya khasiat untuk kesehatan. Bahkan, tidak hanya untuk satu khasiat. Ada buah yang punya puluhan khasiat kesehatan. Ini adalah anugerah Tuhan yang sangat luar biasa.

Tidak hanya daging buah. Kulit buah juga bisa berkhasiat untuk pengobatan atau kesehatan. Daun tanaman buah juga bisa nermanfaat untuk kesehatan.

Maka, sebaiknya kita sering mengonsumsi buah dengan tujuan kesehatan. Baik sebagai penyembuhan atau pencegahan.

Hanya saja, syaratnya harus sabar. Tidak seperti mengonsumsi obat yang hasilnya segera terlihat. Memanfaatkan buah untuk kesehatan perlu waktu lama. Kecuali yang diolah menjadi jamu atau obat herbal. Ini pengaruhnya bisa lebih cepat daripada mengonsumsi buah langsung.

Reply
avatar