Kandungan Gizi Dan Manfaat Bayam Bagi Kesehatan

Juli 21, 2017
Kandungan Gizi Dan Manfaat Bayam Bagi Kesehatan - Bayam dengan nama ilmiah Amaranthus spp merupakan sayuran yang kaya vitamin dan mineral. Sayuran ini diduga berasal di Persia kuno (Iran) dan menyebar ke asia pada abad ke 7 ketika Raja Nepal mengirimkan sayuran ini sebagai hadiah kepada Raja China dan akhirnya menyebar keberbagai dataran di Asia.


Bayam dapat dikonsumsi bagian daun dan batang mudanya. Sayuran ini dapat tumbuh dengan subur didaerah yang memilki iklim sedang. Bayam memiliki banyak manfaat terutama kandungan zat besi pada bayam relatif lebih tinggi daripada sayuran daun lain. Salah satu kandungan yang ditemukan dalam bayam disebut “glycoglycerolipids”.


Kandungan Gizi Dan Manfaat Bayam Bagi Kesehatan


Glycoclycerolipids adalah molekul utama yang berhubungan dengan lemak dalam membran organ sensitif cahaya di sebagian besar tanaman. Pada penelitian laboratorium baru-baru ini telah menunjukkan bahwa glycoglycerolipids dari bayam dapat membantu melindungi lapisan saluran pencernaan dari kerusakan terutama kerusakan yang terkait dengan peradangan.


Bayam mengandung karotenoid yang sangat berlimpah yang disebut sebagai anti-kanker. Dalam sebuah studi baru pada hubungan antara risiko kanker prostat dan sayuran termasuk sayuran bayam, brokoli, kembang kol, kubis, kubis, sawi, lobak hijau, sawi, dan kangkung, hanya bayam yang menunjukkan bukti perlindungan yang signifikan terhadap terjadinya kanker prostat agresif.

Manfaat bayam dan bahayanya, efek samping bayam, manfaat bayam untuk diet, manfaat sayur bayam merah, manfaat sayur kangkung, manfaat sayur wortel, kandungan bayam, jenis bayam.

Kanker prostat agresif didefinisikan sebagai stadium III atau kanker prostat IV dengan skor Gleason minimal 7. Skor Gleason didasarkan pada studi laboratorium dari jaringan prostat yang berhubungan langsung  dengan pola-tumor.


Kandungan Gizi Pada Bayam


Bayam merupakan sumber vitamin K, vitamin A (dalam bentuk karotenoid), mangan, folat, magnesium, besi, tembaga, vitamin B2, vitamin B6, vitamin E, kalsium, kalium, dan vitamin C, serat, fosfor, vitamin B1, seng, protein, dan kolin. Selain itu, bayam merupakan sumber dari omega-3 asam lemak, niacin, asam pantotenat, dan selenium.


Manfaat Bayam Bagi Kesehatan


Bayam sebagai Anti kanker

Beberapa penelitian telah mengidentifikasi lebih dari selusin senyawa flavonoid yang berbeda dalam bayam yang berfungsi sebagai anti-kanker. Sifat antikanker pada bayam ini mendorong peneliti untuk menciptakan ekstrak bayam khusus yang dapat digunakan dalam studi laboratorium. Ekstrak bayam ini telah terbukti untuk memperlambat pembelahan sel pada sel kanker lambung manusia.

Dalam penelitian yang lain juga menyebutkan bayam dapat mengurangi resiko kanker kulit (papiloma kulit). Sebuah studi pada wanita dewasa yang tinggal di New England di akhir 1980-an juga menunjukkan bahwa bayam dapat mengurangi resiko kanker payudara.


Mencegah Katarak

Bayam mengandung lutein dan karotenoid yang dipercaya sebagai zat anti katarak. Selain itu Vitamin A yang terdapat pada sayuran ini sangat bagus untuk kesehatan mata.  Selain itu melindungi kulit dan membuat kulit menjadi lebih sehat.


Mencegah Anemia

Bayam juga merupakan sumber zat besi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan zat besi pada bayam sangat berguna untuk darah dan mencegah anemia. Zat besi membantu memperbanyak (regenerasi) sel darah merah yang membawa oksigen keseluruh tubuh.


Anti Oksidan Dan Anti Inflamasi

Sebagian besar nutrisi flavonoid dan karotenoid yang ditemukan dalam bayam memberikan manfaat anti-inflamasi dan antioksidan.


Mengatasi Stres Oksidatif

Bayam merupakan Vitamin C, vitamin E, vitamin A (dalam bentuk karotenoid), mangan dan seng, tidak mengherankan bahwa bayam dapat membantu menurunkan risiko dari berbagai masalah kesehatan yang berhubungan dengan stres oksidatif. pembuluh darah kita, misalnya, sangat rentan terhadap kerusakan dari stres oksidatif, dan asupan bayam telah dibuktikan dapat menurunkan risiko kerusakan pembuluh darah, termasuk aterosklerosis dan tekanan darah tinggi.

 Selain itu bayam juga mengandung Peptida  yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan menghambat enzim yang disebut angiotensin enzim.


Pertumbuhan Tulang

Vitamin K yang kaya pada bayam sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Vitamin K1 membantu mencegah aktivasi berlebihan dari osteoklas, sel-sel yang dapat memecah tulang. Selain itu, bakteri bersahabat dalam usus kita akan mengkonversi vitamin K1 menjadi vitamin K2, yang mengaktifkan osteocalcin, protein non-kolagen utama dalam tulang.

Semua vitamin K pada bayam dapat menjaga kesehatan tulang, dan sulit untuk menemukan sayuran yang kaya vitamin K selain bayam. Bayam juga merupakan sumber yang sangat baik sebagai nutrisi tulang termasuk kalsium dan magnesium.


Ciri-Ciri Bayam Yang Berkualitas

Bayam yang kualitasnya bagus memiliki daun hijau tua dan batang tanpa tanda-tanda menguning. Daun harus terlihat segar dan lembut, dan tidak layu atau memar, karena bayam yang segar jauh lebih bergizi daripada bayam yang kelihatan pucat dan layu.

Hindari mengkonsumsi bayam yang memiliki lapisan berlendir karena ini merupakan indikasi pembusukan. Tempatkan bayam dalam kantong plastik, keluarkan udara yang ada dalam kantong tersebut dan bungkus erat. Apabila disimpan di kulkas, bayam dapat tahan sampai dengan 5 hari.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Sudarto
AUTHOR
11 Juni 2018 22.55 delete

Saya sangat suka sayur bayam. Segar dan menyejukkan. Meskipun tidak tiap hari, mengonsumsi sayur bayam hampir menjadi kebiasaan keluarga saya.
Saya pun percaya hampir semua tanaman mengandung manfaat buat manusia. Apa pun bentuknya. Sebab, Tuhan menciptakan sega sesuatu adalah untuk manusia.

Reply
avatar
Crew Fauzi
AUTHOR
12 Juli 2018 20.23 delete

I and my family are very helpful with the info from you. May we all succeed the Hereafter.

Cara Cepat Mengecilkan Perut Buncit

Obat Benjolab Di Vagina

Obat Oles Tahan Lama

Sehat Itu Barokah

Reply
avatar