Kandungan Dan Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan

Juli 18, 2017
Kandungan Dan Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan - Kangkung  yang memiliki nama ilmiah Ipomoea aquatica merupakan jenis tumbuhan sayur-sayuran yang tumbuh merambat. Kangkung yang belakangan banyak ditemukan dikawasan Asia ini merupakan tanaman yang memiliki banyak khasiat. Tumbuhan ini berasal dari India, yang kemudian menyebar ke Malaysia, Birma, Indonesia, Cina Selatan, Australia, dan Afrika.


Ada dua macam jenis kangkung yang banyak dikenal yaitu kangkung sawah dan kangkung darat. Kangkung sawah memiliki daun  licin dan berbentuk mata panah dengan panjang 10–15 cm Kangkung sawah ini biasanya tumbuh disawah dan ditempat-tempat berair. Kangkung jenis inilah yang umumnya dikonsumsi oleh banyak orang. Sedangkan kangkung darat memiliki batang berongga yang menjalar dengan daun berselang dan batang yang menegak pada pangkal daun,  kangkung jenis ini dapat bertahan dan tumbuh di tanah kering.


Kandungan Dan Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan


Kangkung dapat tumbuh dengan subur di daerah dataran rendah maupun di daerah pegunungan. Sayuran yang memiki rasa manis, tawar dan sejuk ini sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai obat-obatan di kalangan masyarakat karena kangkung mengandung  zat antioksidan alami. Kangkung biasanya dikonsumsi bagian batang muda, daun dan pucuknya.


Kandungan Gizi Kangkung


Tiap-tiap 100 gr kangkung memilki kandungan zat gizi yang sangat dibutuhkan manusia diantaranya:
  1. Energi = 29 kkal
  2. Protein = 3 gr
  3. Lemak = 0,3 gr
  4. Karbohidrat = 5,4 gr
  5. Kalsium = 73 mg
  6. Fosfor = 50 mg
  7. Zat Besi = 3 mg
  8. Vitamin A= 6300 IU
  9. Vitamin B1 = 0,07 mg
  10. Vitamin C = 32 mg.
  11. Vitamin K = 64 mg
  12. Copper = 10%
  13. Potassium =  9%
  14. Magnesium = 6%

Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan


Mengatasi Insomnia

Insomnia adalah penyakit susah tisur. Banyak yang mengatakan jika anda mengkonsumsumsi kangkung maka penyakit susah tidur yang anda alami dapat diatasi. Pendapat tersebut adalah benar karena kangkung mengandung unsur sedatif, yang dapat membuat anda merasakan mengantuk. Zat yang terdapat pada kangkung seperti selenium dan zinc juga membuat syaraf anda kendur dan rileks yang membuat tidur anda menjadi lelap.


Menghentikan Haid Yang Berlebihan

Kangkung dapat dijadikan sebagai obat untuk menghentikan haid yang berlebihan. Anda hanya membutuhkan ½ kg daun kangkung segar lalu menumbuknya sampai halus, atau anda dapat juga menggunakan blender. Campurkan air setengah, lalu saring dan tambahkan madu pada air yang telah disaring tersebut.  Minum satu kali sehari sekaligus dan  haid anda akan jadi baik dan lancar.


Mencegah Penyakit Anemia Dan Diabetes Mellitus

Kangkung mengandung beberapa zat penting seperti kalium, fosfor dan zat besi, yang sangat dibutuhkan tubuh. Kalium yang terdapat pada kangkung dapat menghambat penyerapan gula darah pada tubuh dan membantu seseorang yang menderita anemia untuk memaksimalkan suplay darah ke seluruh tubuh. Selain itu zat besi yang terdapat pada kangkung juga dapat mencegah penyakit diabetes mellitus dan mengontrol kolesterol di dalam  tubuh .


Menjaga Kesehatan Jantung

Kangkung kaya akan Nutrisi dan folat yang dapat membantu mengurangi radikal bebas di tubuh sebagai antioksidan dan  mencegah mencegah kolesterol yang teroksidasi yang mengakibatkan serangan jantung atau stroke. Selain itu kangkung juga merupakan sumber magnesium yang dapat menurunkan tekanan darah dan memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung.


Menjaga Kesehatan Mata

Kangkung sangat kaya akan vitamin A, Vitamin B1 dan beta karotin yang tinggi. Kedua unsur ini sangat penting bagi kesehatan mata anda. Vitamin A dan B1 merupakan vitamin yang sangat dibutuhkan mata untuk mencegah buta warna dan mata minus dan katarak, sedangkan beta karotin pada kangkung dibutuhkan  untuk menutrisi mata.


Mengatasi Sariawan Dan Gusi Berdarah

Kangkung juga mengandung unsur Vitamin C yang sangat tinggi. Kandungan Vitamin C pada kangkung sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi sariawan dan masalah gusi berdarah.


Mengatasi Ketombe

Kangkung juga dapat anda gunakan sebagai anti ketombe. Caranya: ambil satu ikat daun kangkung lalu direndam dengan air selama satu malam. Lalu pada besoknya gunakan air rendaman daun kangkung tersebut untuk keramas. Pijat kulit kepala secara perlahan selama kurang lebih 10 menit, selanjutnya bilas rambut anda dengan air bersih.


Efek Samping Kangkung


Seperti yang kita ketahui zat yang terdapat pada kangkung yaitu sedative, selenium dan zink dapat menyebabkan kantuk maka sebaiknya bagi anda yang memiliki kegiatan aktifitas skala sedang dan berat sebaiknya hindari mengkonsumsi kangkung. Atau anda dapat mengkonsumsi sayuran ini jika anda tidak memiliki rutinitas padat ataupun sedang berlibur.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »