Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan

Mei 17, 2017
Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan - Buah Apel (Malus domestica) berasal dari Asia Tengah, namun seiring dengan perkembangannya buah apel saat ini sudah tersebar merata keseluruh Dunia. Apel memiliki warna kulit buah yang berwarna merah jika sudang masak, namun apel ada juga yang berwarna kuning ataupun hijau.


Hampir semua orang tentu sudah tidak asing lagi dengan bentuknya yang bulan dan rasa apel itu sendiri. Karena apel digolongkan ke dalam jenis buah-buahan, maka apel mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang sangat berperan penting untuk meningkatkan kualitas kesehatan.


Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan


Buah Apel seperti halnya diketahui telah menjadi buah yang sangat populer dan banyak diketahui di dunia. Tak hanya anak-anak, bahkan orang dewasa dan orang tua pun menyukai akan buah apel ini. Hal tersebut dikarenakan memang buah apel memiliki rasa yang manis, dan rasa yang khas sehingga bisa memanjakan siapa saja yang hendak memakannya.


Bahaya apel hijau, cara membuat jus wortel untuk kanker, dampak dari kebiasan makan apel, pengobatan manfaat buah apel, manfaat makan apel di malam hari, buah penyembuh kanker payudara, efek samping buah apel.

Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan

Biasanya setiap orang mengkonsumsi buah apel secara langsung ataupun diolah menjadi minuman (jus).BUah apel mengandung berbagai macam mineral dan vitamin yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Apel mengandung vit C, polifenol, flavonoid dan beberapa vitamin penting seperti dibawah ini.


Kandungan Gizi Dan Vitamin Pada Buah Apel

Berikut adalah kandungan nutrisi yang terdapat pada buah apel per 100 gram.
  1. Energi 218 kJ (52 kcal)
  2. Kalori (kal) 58g
  3. Karbohidrat 13,81 g
  4. Gula 10,39 g
  5. Diet serat 2,4 g
  6. Lemak 0,17 g
  7. Protein 0,26 g
  8. Air 85,56 g
  9. Vitamin A equiv. 3 mg (0%)
  10. Thiamine (Vit. B1) 0.017 mg (1%)
  11. Riboflavin (Vit. B2) 0,026 mg (2%)
  12. Niacin (Vit. B3) 0,091 mg (1%)
  13. Asam pantotenat (B5) 0,061 mg (1%)
  14. Vitamin B6 0,041 mg (3%)
  15. Folat (B9 Vit.) 3 mg (1%)
  16. Vitamin C 4.6 mg (8%)
  17. Kalsium 6 mg (1%)
  18. Zat Besi 0,12 mg (1%)
  19. Magnesium 5 mg (1%)
  20. Fosfor 11 mg (2%)
  21. Kalium 107 mg (2%)
  22. Seng 0,04 mg (0%)

Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan

Mengkonsumsi buah apel sangat banyak kahsiatnya bagi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat dan khasiat buah apel:

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Buah apel mengandung abnyak serat yang sangat penting bagi kesehatan sistem pencernaan dan menghindari risiko terkena diare. Selain itu serat juga berguna untuk mengurangi lemak dan kolesterol tubuh sehingga apel sangat bagus untuk dikonsumsi dan dijadikan sebagai menu dalam program diet anda.


Mencegah Penyakit Serangan Jantung

Selain berguna bagi sistem pencernaan dan menghindari risiko terkena diare, kandungan serat pada buah apel juga berguna   mengurangi lemak dan mencegah kolesterol pada tubuh. Hal ini tentu saja bermanfaat mencegah dan mengurangi risiko terkena penyakit serangan jantung dan darah tinggi.


Meningkatkan Produksi Air Liur Didalam Mulut

Dengan mengkonsumsi buah apel secara langsung dapat meningkatkan produksi air liur didalam mulut. Hal tersebut sangat bagus untuk menurunkan jumlah bakteri serta melindungi gigi dari berbagai penyakit gigi.


Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Apel mangandung antioksidan yang sangat bagus dan berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari radikal bebas negatif.


Melindungi Mata Dari Penyakit Katarak

Apel mengandung banyak vitamin A yang dapat melindungi mata dari kerusakan dan berbagai penyakit mata seperti katarak.


Mencegah Dehidrasi

Apel mengandung banyak air (85%). Dengan mengkonsumsi buah apel bermanfaat untuk menghindari dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh.


Mencegah Diabetes

Apel memiliki kandungan senyawa fenolik yang terdapat pada bagian kulit. Senyawa fenolik ini sangat bagus dalam mencegah dan menobati penyakit diabetes. Untuk itu sangat disarankan agar mengkonsumsi buah apel disertai dengan kulitnya. Sebaiknya sebelum mengkonsumsi buah apel pastikan jika bagian kulit sudah dicuci hingga benar-benar bersih.


Menangkal Radikal Bebas Dan Penuaan Dini

Selain senyawa fenolik, kulit buah apel juga mengandung zat yang bernama kuersetin. Zat kuersetin adalah sejenis zat yang berfungsi untuk menangkal serangan radikal bebas dan juga dapat berfungsi untuk melawan penuaan dini.


Mengatasi Berbagai Penyakit Kanker

Buah apel memiliki berbagai macam zat yang sangat penting untuk melawan pertumbuhan sel-sel kanker seperti quercetin yang terdapat pada bagian kulit, Zat ini mampu mengatasi dan membunuh pertumbuhan sel-sel kanker pada paru-paru. Kandungan pectin pada daging buah apel juga mampu menyerap zat-zat berbahaya yang terdapat di dalam usus sehingga dapat mencegah sekaligus mengobati kanker usus.

Selain itu apel juga mengandung senyawa pectin, glukoronat, flavonoid dan karoten, yang dapat mengatasi penyakit kanker payudara,  kanker kulit dan kanker hati serta berbagai macam penyakit kanker lainnya.


Demikian kandungan gizi dan manfaat buah apel bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »