Mencegah Dan Mengobati Penyakit Batu Ginjal Dengan Daun Alpukat

Juli 23, 2017
Mencegah Dan Mengobati Penyakit Batu Ginjal Dengan Daun Alpukat - Ginjal adalah sepasang organ saluran kemih yang terletak di rongga retroperitoneal bagian atas. Ginjal Merupakan salah satu organ yang sangat penting didalam tubuh manusia.


Ginjal berfungsi sebagai penyaring darah, mengeluarkan kotoran dari dalam darah dan membuangnya dari dalam  tubuh berupa urine serta mengatur kadar ion-ion diluar sel seperti ion nitrogen, kaliaum, fosfat dan lain sebagainya. Pada orang dewasa, rata-rata ginjal memiliki ukuran panjang sekitar 11,5 cm, lebar sekitar 6 cm dan ketebalan 3,5 cm dengan berat sekitar 120-170 gram atau kurang lebih 0,4% dari berat badan.


Mencegah Dan Mengobati Penyakit Batu Ginjal Dengan Daun Alpukat


Batu ginjal (renal lithiasis) adalah gumpalan kecil dan keras yang terbentuk di dalam ginjal, lebih sering lagi terdapat di kandung kencing. Batu ginjal terbentuk dari mineral dan asam garam. Batu ginjal dapat disebabkan oleh berbagai hal, pada umumnya batu ginjal terbentuk ketika urin berkonsentrasi, mineral mengkristal dan mengendap.

Efek samping daun alpukat, khasiat daun alpukat kering, manfaat daun alpukat dan cara mengolahnya, tips manfaat daun alpukat, daun alpukat obat sakit pinggang, manfaat daun alpukat untuk kolesterol, khasiat daun alpukat untuk diabetes, gambar daun alpukat.

Sebab utama dalam pembentukan endapan-endapan batu ginjal karena terlalu banyak garam atau karena garam-garam yang tidak larut atau larutnya hanya sedikit.  Dalam beberapa hal makanan yang mengandung garam dari berbagai jenis akan mempercepat pembentukan batu ginjal.


Batu ginjal merupakan penyakit yang jumlah penderitanya relatif tinggi di Asia, khususnya di Indonesia. Menurut survei yang dilakukan oleh US Census Bureu pada tahun 2004, jumlah penderita batu ginjal di Indonesia diperkirakan mencapai 876.000 orang. Batu ginjal merupakan kondisi yang cukup umum diderita oleh orang-orang yang berusia 30 hingga 60 tahun. Penyakit ini lebih banyak diderita oleh pria dibandingkan wanita.


Gejala penyakit ini biasanya akan berasa nyeri pada pinggang, perut bagian bawah, dan selangkangan. Selain rasa nyeri, gejala-gejala batu ginjal lainnya bisa berupa muntah-muntah, menggigil dan demam, terjadinya pembengkakan pada kaki dan mata, dan perubahan warna struktur air seni. Bahkan terkadang ketika kencing di sertai dengan darah.



Mencegah  Penyakit Batu Ginjal Dengan Daun Alpukat


Pencegahan penyakit ini sebenarnya sederhana, cukup dengan  minum banyak air putih (8-10 gelas/hari) dan membatasi konsumsi makanan, minuman, atau suplemen yang mengandung zat-zat yang berpotensi menyebabkan terbentuknya batu ginjal, seperti oksalat, kalsium, dan protein.


Mengobati Penyakit Batu Ginjal Dengan Daun Alpukat


Banyak tumbuhan yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit ini salah satunya adalah daun alpukat. Alpukat yang sering juga disebut sebagai avokat atau apokat ini merupakan tumbuhan penghasil buah yang berasal dari Meksico, Amerika.Selatan dan Amerika Tengah.

Alpukat memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Selain untuk dijadikan sebagai hidangan, buah alpukat juga sudah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati sariawan dan melembabkan kulit yang kering.

Selain buahnya, daun alpukat juga memiliki banyak sekali manfaat umtuk kesehatan. Daun alpokat mengandung zat saponin, alkaloida dan flavonoida, dan polifenol yang sangat ampuh untuk mengobati penyakit seperti kencing batu, darah tinggi, sakit kepala, nyeri saraf, nyeri lambung, saluran napas membengkak, menstruasi yang tidak teratur dan penyakit batu ginjal.

Cara Mengolah Daun Alpukat Untuk Pengobatan Penyakit Batu Ginjal:
  • Sediakan 7 lembar daun Alpukat yang sudah tua dan sudah di cuci bersih,
  • Rebus daun dengan air sebanyak 3 gelas dan biarkan mendidih sampai sisa 2 gelas
  • Saring air dari ampasnya
  • Minum setiap hari pagi dan sore @ 1 gelas sampai sakitnya hilang
  • Untuk menjaga kesehatan minum sehari sekali

Demikian Cara Mencegah Dan Mengobati Penyakit Batu Ginjal Dengan Daun Alpukat, Semoga Bermanfaat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »